Kemenkop UKM Lakukan Monev Implementasi PL-KUMKM 2022 Di Kota Pekanbaru

Pekanbaru - Sebagai upaya membangun basis data tunggal Koperasi dan UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2022 (PL-KUMKM 2022).

Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan dapat mengumpulkan sebanyak 14,5 juta data Koperasi dan UMKM ditahun 2022 dan 65 juta data Koperasi dan UMKM di tahun 2024. Setiap wilayah terpilih membentuk Tim Pokja Pengumpulan Data Daerah yang beranggotakan Administrator, Verifikator, Koordinator, dan Enumerator. Pada prosesnya, para enumerator akan mengunjungi langsung tempat usaha.

Terkait pelaksanaan pendataan yang sudah berjalan sejak bulan April tahun 2022, pada tanggal 25 Mei 2022 Kemenkopukm melaksanakan pemantauan dan evaluasi implementasi PL-KUMKM 2022 di Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru, dengan tujuan untuk  mengidentifikasi kendala teknis dan non teknis yang dihadapi oleh enumerator pada saat melakukan pendataan langsung ke pelaku usaha.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru H. Sarbaini, S.Ag., M.H diwakili Kabid Kelembagaan yang juga selaku Ketua Tim Pokja Pendataan Kota Pekanbaru Daryanis Febrihani, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa untuk Kota Pekanbaru ditargetkan 69.000 Koperasi dan UMKM.

Perwakilan dari Kemenkop UKM Muhamad Afivudin Analis Kebijakan Ahli Madya yang juga Koordinator Program, Edho Pratama Bisma Andika Tim  Pengembangan Basis Data Tunggal KUMKM dan Tim lainnya dalam kegiatan ini turut didampingi oleh Disperindagkopukm Provinsi Riau, Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru yang dipimpin Kepala Dinas H. Sarbaini, S.Ag., M.H., diwakili oleh Kabid Kelembagaan yang juga selaku Ketua Pokja Pendataan Daryanis Febrihani, S.Pd., M.Pd., dan Kabid Promosi, Pengembangan Usaha, dan Sarana Prasarana H.Bukhairo, S.Ag.

“PL-KUMKM 2022 ini diharapkan mampu menjadi basis data tunggal Koperasi dan UMKM yang akurat, mutakhir, dan terpadu,”ujar Ketua Pokja Pendataan, Daryanis, Rabu (25/05/2022).

Bagikan :

   

Dinas Koperasi, UKM Kota Pekanbaru
Alamat :

Jalan Abdul Rahman Hamid Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru

 


No Telp : 076121462